Belajar Rumus Vlookup Excel, Lengkap dengan Penjelasannya

Belajar Rumus Vlookup Excel, Lengkap dengan Penjelasannya

Rumus Vlookup Excel biasanya digunakan untuk mengambil suatu nilai dari tabel referensi atau tabel lain ke dalam tabel yang dianalisa. Rumus Vlookup Excel merupakan salah satu jenis fungsi dalam Microsoft Excel. Rumus ini digunakan ketika ingin mengambil suatu nilai dari tabel referensi atau tabel lain ke dalam tabel yang dianalisa. Rumus ini sangat populer digunakan sebagai rumus dasar yang harus diketahui. Terutama bagi Anda yang bekerja menggunakan program Excel.

Belajar Rumus Vlookup Excel, Lengkap dengan Penjelasannya

Belajar Rumus Vlookup Excel, Lengkap dengan Penjelasannya

Penggunaan rumus Vlookup bisa dijadikan solusi untuk Anda yang kesulitan dalam penggunaan logika fungsi IF dimana biasanya membutuhkan beberapa kriteria. Sehingga dengan banyaknya kriteria tersebut maka bisa dibuatkan suatu tabel sebagai referensi. Tentunya tabel tersebut memuat semua kriteria yang dibutuhkan oleh tabel analisa.

Kemudian anda bisa mengambil nilainya menggunakan rumus Vlookup. Rumus ini secara tidak langsung bisa digunakan dalam menanggulangi kelemahan ketika menggunakan fungsi. Apalagi fungsi IF juga hanya bisa menampung 64 kondisi saja. Bagi yang belum mengetahui tentang cara menggunakan rumus ini, berikut Kami memberikan penjelasan lengkapnya.

Cara Penulisan Rumus Vlookup Excel

Cara penulisan Syntax dari rumus Vlookup adalah VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup). Berikut ini beberapa keterangan dari rumus Vlookup yang harus Anda ketahui dalam penggunaannya :

  • VLOOKUP = Fungsi atau rumus untuk menghitung Vlookup, mengambil data secara vertical
  • lookup_value = nilai yang dicocokan dengan nilai pada table_array
  • table_array = tabel sumber yang diambil datanya
  • col_index_num= nomor kolom pada table_array
  • range_lookup = Metode pencarian pada tabel sumber yang mana bernilai FALSE “0” atau TRUE “1”

Penggunaan Rumus VLOOKUP

Dari tabel yang sebelumnya, Anda diperintahkan untuk mengisi semua kolom gaji dan bonus. Caranya dengan mengambil atau mengcopy data dari table array atau tabel sumber dengan rumus Vlookup Excel. Dari tabel tersebut, Anda bisa menganalisa terlebih dahulu sebelum membuat formula yang akan diisikan untuk kolom gaji dan kolom bonus.

  • Lookup_value harus berada di paling kiri dari tabel array dan untuk kondisi ini yaitu kolom golongan yang nilainya akan dicocokkan.
  • Column_index_number cara membacanya dari kolom yang paling kiri ke kolom kanan. Sehingga dari gambar di atas bisa dipahami jika kolom Golongan merupakan Column_index_number yang ke-1, kolom gaji adalah Column_index_number yang ke-2 dan kolom bonus adalah Column_index_number yang ke-3.
  • Range Lookup adalah metode dalam pencarian data dimana nilainya bisa TRUE atau FALSE. Apabila Anda menggunakan FALSE maka data pada tabel Array tidak ditemukan atau tidak ada kecocokan maka ditampilkan error N/A. Tapi jika menggunakan TRUE maka jika data tidak ditemukan akan ditampilkan nilai terdekatnya.

Tahap Penyelesaian Kasus

Setelah Anda memahami penjelasan yang sebelumnya, maka berikut cara penyelesaian kondisi atau kasus di atas. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Letakkan kursor pada cell J24
  2. Tuliskan formula berikut: =VLOOKUP
  3. Masukkan lookup_value “I24”, karena kolom golongan adalah acuan yang dicocokkan dengan kolom golongan yang ada di tabel_array.
  4. Kemudian blok tabel array C24:E26, supaya referensinya tidak berubah maka kunci atau absolutkan menggunakan shortcut F4. Sehingga referensinya $C$24:$E$26
  5. Karena Anda hendak mengisi kolom gaji, sehingga column_index_number merupakan kolom yang ke-2, sehingga tuliskan angka 2.
  6. Gunakan range_lookup dengan format FALSE atau 0. Sehingga rumusnya menjadi =VLOOKUP(I24,$C$24:$E$26,2,FALSE). Tekan enter untuk menjalankan formula tersebut. Silahkan gunakan autofill atau copy paste formula ke cell yang ada dibawahnya.

Jika Anda menyelesaikan semua langkah dengan benar, maka Anda bisa melihat hasil dari rumus Vlookup tersebut. Nah, demikian itulah penjelasan secara lengkap tentang penggunaan rumus Vlookup Excel yang bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan.

 

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *