Daging Terbuat Dari Sel Hewan Tanpa Disembelih


Daging bisa anda dapatkan hanya dengan menggunakan sel hewan yang anda inginkan dan kemudian dijadikan sebagai daging layak dikonsumsi. Sekarang ini beragam jenis inovasi seiring dengan berkembangnya teknologi semakin canggih sekarang ini juga diciptakan oleh ilmuwan terus menerus guna memenuhi kebutuhan manusia yang sesuai dengan zamannya.

sel hewan

sel hewan

Kini penemuan terbaru dalam bidang kuliner juga sudah mulai ramai dibicarakan oleh orang. Penemuan ini bahkan dikatakan bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan daging di masa depan. Bukan dengan cara beternak dan menyembelih hewan, melainkan menggunakan sel pada hewan yang anda inginkan saja.

Jika anda seorang vegetarian, maka anda mungkin merasa senang dengan adanya penemuan yang baru ini. Anda juga tidak perlu lagi merasa tidak enak ketika melihat hewan yang harus berkorban untuk manusia, supaya manusia bisa bertahan hidup dengan mengonsumsi daging hewan tersebut.

Membuat Daging Masa Depan

Dengan adanya inovasi terbaru ini, hewan juga tidak perlu lagi mengalami proses penyembelihan oleh manusia. Sebenarnya daging yang terbuat dari sel hewan ini sudah ada sejak 6 tahun yang lalu dan dikenalkan kepada publik dalam bentuk hamburger. Namun baru-baru ini banyak yang memperbincangkan.

Daging hamburger tersebut dikenal dengan sebutan lab grown meat dimana bentukya mirip dengan daging hamburger dan proses pembuatannya juga menghabiskan banyak dana yakni sekitar 280 ribu dolar. Namun saat itu daging tersebut dianggap terlalu kering sebab kandungan lemak didalamnya juga masih kurang.

Namun sekarang ini beberapa start up mulai mengembangkan daging masa depan satu ini dengan versi lebih baik dari versi 6 tahun lalu, saat pertama muncul di publik. Sekilas memang daging masa depan ini mirip dengan daging yang ada pada umumnya. Rasanya juga menyerupai daging ayam seperti biasanya.

Lab grown meat ini sesuai dengan namanya, dibuat di dalam laboratorium dengan menggunakan jaringan atau sel hewan yang nantinya dipelihara agar bisa tumbuh menjadi daging. Atau sel tersebut dilipatgandakan dan juga dibiarkan untuk tumbuh supaya bisa membentuk jaringan otot dan pada akhirnya membentuk sebuah daging. Untuk bentuknya juga mirip dengan daging asli.

Alasan Mengembangkan Lab Grown Meat

Salah satu alasan mengapa para ilmuwan mengembangkan dagung dari sel hewan ialah untuk menghapuskan kekerasan terhadap hewan di dalam industri peternakan. Selain itu juga untuk mengurangi emisi dari gas rumah kaca. Memang tidak semua hewan di dunia hidup dalam lingkungan peternakan yang nyaman dan damai.

Bahkan cukup banyak hewan ternak yang mendapat perlakuan tidak baik dari peternak itu sendiri. baik tinggal ditempat yang kotor, sempit, atau bahkan tidak dirawat dengan baik. Hal inilah yang membuat para ilmuwan mengembangkan daging buatan tanpa susah membesarkan hewan dan bahkan menyembelihnya.

Selain itu daging ini ramah lingkungan sehingga bisa mengurang efek gas rumah kaca dari mulut hewan ternak yang mengandung metana. Metana bisa menipiskan lapisan ozon di atmosfer bumi. Pembuatan daging ini juga memerlukan energi yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan mengembangbiakkan hewa ternak sendiri.

Namun untuk daging jenis ini juga masih belum dijual secara bebas. Hal ini dikarenakan masih terhalang oleh masalah higienisitas. Sehingga lembaga makanan juga masih terus melakukan pemantauan dalam pembuatan daging. Sebelum dijual secara bebas, maka daging buatan dari sel hewan ini harus lolos oleh uji kelayakan pangan terlebih dahulu.

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *