Klasifikasi Skala Usaha Bisnis Indonesia dan Izin Usaha


Pada tanggal 7 Juli 2016, Departemen Perindustrian mengeluarkan peraturan nomor 64/M-IND/PER/7/2016 tentang klasifikasi skala bisnis Indonesia dan jumlah total karyawan dan nilai investasi untuk (2016 regulasi). The 2016 peraturan adalah sebuah implementasi dari Pasal 102 (4) hukum nomor 3 dari 2014 di industry. 

Pasal ini menyatakan “jumlah tenaga kerja dan nilai investasi untuk industri skala kecil, industri skala menengah, dan industri skala besar ditentukan oleh Menteri”. Pada artikel ini akan dibahas isi dari peraturan 2016 mengenai klasifikasi skala bisnis industri. Sebagaimana yang diketahui bahwa izin usaha industri (IUI)) dapat diterbitkan.

Industri skala kecil izin usaha, izin usaha industri berskala menengah, dan izin usaha industri berskala besar. Peraturan 2016 sekarang jelas menjelaskan bagaimana menentukan klasifikasi Bisnis, sebagai berikut. Perusahaan industri berskala kecil adalah bisnis dengan maksimum 19 karyawan dan nilai investasi maksimum 1.000.000.000 rupiah.

Perusahaan industri berskala menengah adalah bisnis dengan maksimum 19 karyawan dan dengan minimum nilai investasi sebesar 1 milyar Rupiah; Atau minimal 20 karyawan dan dengan nilai investasi maksimum 15.000.000.000 Rupiah. Perusahaan industri berskala besar adalah bisnis dengan minimum 20 karyawan dan dengan nilai investasi lebih dari 15.000.000.000 rupiah.

Klasifikasi Skala Bisnis Industri Untuk Bisnis Indonesia

Peraturan Menteri No. 20/M-IND/PER/3/2016 sebagai perubahan ketiga atas Peraturan Menteri No. 11/M-IND/PER/3/2014 tentang program restrukturisasi mesin dan/atau peralatan, untuk industri skala kecil dan industri berskala menengah telah menetapkan kebutuhan industri. Klasifikasi skala usaha untuk industri dalam bisnis adalah sebagai berikut.

Industri makanan, Industri minuman, Industri tekstil, Industri pakaian dan Industri kulit juga alas kaki. Industri berskala kecil, adalah perusahaan yang memiliki nilai investasi maksimal 500.000.000 Rupiah (tidak termasuk tanah dan bangunan). Industri skala sedang, adalah perusahaan yang memiliki nilai investasi antara 500.000.000 Rupiah dan 10.000.000.000 Rupiah

Pengklasifikasian bisnis industri adalah berdasarkan peraturan yang sudah ditetapkan. Telah terjadi beberapa kali perubahan peraturan dalam menetapkan klasifikasi pada perusahaan bisnis Indonesia. Kemudian pengklasifikasian ini berdasarkan perubahan ketiga atas peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Indonesia yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Perusahaan Yang Membutuhkan Ijin Usaha Dagang

Setiap bisnis di sektor perdagangan dapat terlibat dalam kegiatan perdagangan setelah mereka telah mengamankan SIUP. Namun ada pengecualian untuk aturan umum ini. Bisnis tidak memerlukan izin usaha perdagangan dalam kasus perusahaan adalah kantor cabang atau kantor perwakilan dari kantor utama. 

Dalam kasus terakhir, sebuah kantor perwakilan membutuhkan lisensi kantor perwakilan perdagangan tertentu. Atau perusahaan yang memegang maksimum Rp 50.000.000 aset. Masa berlaku SIUP dan Re-Registration adalah persyaratan sebelum diterbitkannya Peraturan 2017, SIUP berlaku selama masa usaha dari usaha tersebut tetap beroperasi. 

Namun, bisnis ini diharuskan untuk mendaftar ulang SIUP setiap lima tahun sekali. Peraturan 2017 sekarang menghapus persyaratan pendaftaran ulang ini. Sejalan dengan penghapusan ini. Peraturan 2017 juga menghilangkan ketentuan terkait, seperti ketentuan sanksi non-kepatuhan dengan persyaratan pendaftaran ulang bagi perusahaan.

Peraturan 2017, dalam kombinasi dengan Peraturan Menteri perdagangan yang dikeluarkan Nomor 8/M-DAG/PER/2/2017 tentang pengaturan pendaftaran perusahaan, akan meringankan beban yang ditempatkan pada bisnis perdagangan. Prosedur yang disederhanakan untuk pendaftaran ulang sertifikat pendaftaran perusahaan (TDP). Kemudian pencabutan kewajiban untuk bisnis tersebut untuk mendaftar ulang SIUP mereka. 

Adalah langkah yang menjanjikan menuju iklim bisnis yang lebih ramah investor. Klasifikasi dari izin usaha ini akan sangat berguna bagi Anda yang akan membuka bisnis dan masih bingung, untuk informasi mengenai izin usaha dari bisnis Indonesia yang akan Anda buka. 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *