Perbedaan Keuangan dan Akuntansi

Perbedaan Keuangan dan Akuntansi

Perbedaan antara keuangan dan akuntansi adalah akuntansi lebih berfokus pada aliran uang masuk dan keluar dari perusahaan. Sedangkan keuangan adalah istilah yang lebih luas untuk pengelolaan aset dan perencanaan di masa depan. Jika Anda ingin mengontrol  atas strategi perusahaan, keuangan cukup untuk Anda. Namun, jika Anda ingin melihat secara rinci buku-buku perusahaan Anda mungkin lebih tertarik pada akuntansi. Akuntansi akan melihat ke transaksi masa lalu perusahaan, sedangkan keuangan hanya melakukan rencana di masa depan.

Akuntansi lebih tentang pelaporan yang akurat tentang apa yang telah terjadi dan kepatuhan terhadap hukum. Keuangan lebih tentang melihat ke depan dan menumbuhkan keuntungan atau mengurangi kerugian. Akuntansi juga bertujuan memberikan informasi keuangan perusahaan untuk tujuan pengambilan keputusan yang rasional. Lalu, keuangan akan berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan uang, investasi, kredit, perbankan, dan pasar. Banyak yang berpikir bahwa akuntansi dan keuangan adalah satu dan hal yang sama, tetapi ini adalah ilmu yang berbeda.

Mana yang Lebih Penting?

Dalam setiap bidang bisnis, akuntansi dan keuangan terlibat sedemikian rupa sehingga bisnis tidak dapat bertahan lama tanpa mereka. Jika Anda ingin mengetahui arti pentingnya, bayangkan saja bagaimana kondisi perusahaan jika keduanya tidak ada. Tidak akan ada catatan transaksi, tidak ada keuntungan dapat ditentukan, dan tidak akan ada dasar di mana persediaan dan investasi akan dinilai. Selain itu manajemen modal tidak akan berjalan dengan baik, faktor risiko akan meningkat, dan penganggaran tidak akan mungkin dilakukan.

  1.     Distribusi vs. Perekaman

Jika keuangan berkaitan dengan masalah distribusi, akuntansi akan lebih akurat digambarkan sebagai konsep pencatatan. Karena setiap area di mana aset sedang diperjual belikan, perlu secara akurat diperhitungkan dalam laporan keuangan. Demikian juga semua transaksi kecil dan besar. Melalui praktik akuntansi yang akurat, sebuah bisnis selalu dapat memastikan bahwa ia tidak kehilangan jejak dari setiap transaksi. Hal ini sangat penting karena pada akhirnya akan berperan dalam pendapatan dan kerugian suatu bisnis. Baca juga pengertian akuntasi manajemen secara umum.

  1.     Prioritas Pekerjaan

Perbedaan antara keuangan dan akuntansi terlihat dari konsep yang diorganisir ke dalam departemen yang berbeda. Di dalam departemen keuangan, semua investasi perlu dikoordinasikan dengan benar untuk melayani kepentingan terbaik dari nilai bisnis. Ketika investor datang, departemen keuangan memainkan peran yang kuat dalam mengembangkan strategi. Melalui departemen keuangan semua tujuan keuangan bisnis dapat tetap berjalan dan dikerjakan setiap saat.

Dalam departemen keuangan adalah subkategori manajemen keuangan, pembelian, penganggaran, analisis dan bidang lainnya. Departemen akuntansi, lebih khusus berfokus pada penanganan hal-hal seperti arus kas, laporan pendapatan, manajemen utang, penagihan, dan pajak. Melalui departemen akuntansi yang kompeten bisnis dapat tetap mematuhi prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum.

Mengurus Keuangan dan Akuntansi Dalam Genggaman

Jika keuangan dan akuntansi suatu bisnis sudah jelas perbedaan fungsi dan tujuannya, tidak perlu khawatir. Saat ini sudah hadir software bisnis yang dapat membantu Anda. Di zaman yang serba digital, Finata memberikan kemudahan tanpa batas untuk Anda. Dengan berbagai fitur yang akan mempermudah Anda dalam menghitung pemasukan serta pengeluaran. Selain itu, tugas akuntan juga dapat digantikan dengan software ini.

Hal ini jelas akan mempermudah dan mengirit waktu Anda tanpa harus repot menentukan perbedaan antara keuangan dan akuntansi. Anda dapat memiliki software ini dengan harga yang menarik melalui situs resmi http://finata.id. Bisnis Anda akan lebih mudah berjalan dengan bantuan software yang serbaguna dalam mengatur keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *